Sekilas Mengenal Arsitektur Lanskap, Buat Lingkungan Makin Indah

Halaman ini akan menyajikan sekilas mengenal arsitektur lanskap.

Desain Arsitektur – Ketika Anda mendengar atau membaca istilah arsitektur, kira-kira hal apa yang akan terlintas dalam benak Anda?

Bisa jadi Anda akan membayangkan sebuah bangunan atau ilmu membangun ruma, Gedung tinggi dan sebagainya.

Namun, tahukah Anda bahwa bidang arsitektur tidak selalu berarti melakukan pembangunan sebuah Gedung?

Ya, namanya adalah arsitektur lanskap. Sebuah cabang arsitektur yang tidak berfokus pada membangun rumah, Gedung dan lainnya namun hanya berfokus pada menata taman di luar bangunan.

Meskipun bidang arsitektur yang satu ini masih kurang populer di Indonesia, namun peran dari arsitektur lanskap sangat penting untuk membuat lingkungan rumah menjadi lebih baik.

Pada artikel kali ini, kami senang memberi tahu Anda hal-hal apa saja yang mencakup seputar arsitektur lanskap ini.

 

Sekilas Mengenal Arsitektur Lanskap

Arsitektur lanskap merupakan seni atau ilmu yang dimanfaatkan untuk menata, membuat desain, melakukan perencanaan dan Menyusun beragam elemen alam dan buatan sehingga menghasilkan sebuah lingkungan yang baru dan estetik serta fungsional.

Mengingat lingkup kerja arsitektur lanskap adalah seputar taman di luar ruangan, maka Anda bisa dengan mudah melihat hasilnya.

Hasil dari pekerjaan arsitektur lanskap adalah antara lain seperti taman perumahan, taman kota, hutan kota, taman di halaman Gedung hotel dan perkantoran serta beragam tempat lainnya.

Dengan melihat keindahan dari tamanu mum tersebut, bisa jadi Anda membayangkan betapa indah dan pentingnya pekerjaan arsitektur ini meskipun belum populer di Indonesia.

 

Mengenal Sekilas Peranan Arsitek Lanskap

Salah satu job desk atau lingkup pekerjaan dari arsitek lanskap adalah menata dan memperbaiki penampilan lingkungan di sekitarnya, khususnya pada bagian taman.

Dan karena fokus arsitek lanskap adalah di seputar lingkuang outdoor, maka hasil pekerjaannya dapat membantu kualitas dan penampilan rumah yang dibangun di lokasi tersebut.

Seperti misalnya sebuah rumah tentu akan terlihat biasa saja dan bahkan tampak tidak terurus bila halamannya hanya sebidang lahan kosong saja.

Maka dari itu, perlunya arsitek lanskap untuk mengubah halaman yang tampak biasa tersebut menjadi luar biasa indah.

Seperti misalnya, ia bisa membangun sebuah kolam renang yang berada di tengah-tengah taman berbunga dan pohon.

Atau dalam kasus lain ia menata peletakan beragam tanaman sehingga tampak indah, rapi dan sangat menyenangkan untuk dilihat.

 

Hubungan Antara Arsitek Bangunan dan Arsitek Lanskap

Karena memiliki lingkup kerja yang berdekatan, maka tidak heran bila arsitek bangunan dan lanskap bisa saling melengkapi satu sama lain.

Salah satu bentuk kerja sama dari kedua pihak ini adalah ketika arsitek bangunan berperan untuk membuat desain rumah dan bangunan lainnya sedangkan arsitek lanskap mengurus bagian taman, kolam, area bermain dan sebagainya.

Contoh kerja sama semacam ini biasa terjadi pada lingkup kerja perumahan, gedung kantor, rumah tinggal pribadi dan lain sebagainya.

Dari contoh tersebut menjadi jelas bahwa peran dan kehadiran si arsitek lanskap sangat penting meskipun hasil pekerjaannya tidak bisa dibuat sebagai hunian.

Walaupun begitu, pemandangan dan suasana rumah atau bangunan lain yang sudah dibangun akan menjadi jauh lebih indah berkat campur tangan arsitek lanskap.

Bisa jadi, bila tidak ada ilmu arsitektur lanskap dan arsitek lanskap, maka lingkungan sebuah bangunan umum atau pribadi akan tampak kurang menarik.

 

Macam Perhitungan Biaya yang Diperlukan Arsitektur Lanskap

Ada beberapa metode yang biasa diterapkan dalam menentukan harga atau biaya jasa arsitek lanskap, yaitu melalui persentasi dan perhitungan luas lahan.

Mari kita perhatikan cara perhitungan biaya arsitek lanskap kedua metode ini.

Metode Persentase

Untuk metode satu ini, perhitungan biaya didasarkan atas persentase dari total RAB yang sudah Anda setujui.

Seperti misalnya total RAB sebesar Rp. 100.000.000 dan jasa arsitek lanskap ditetapkan sebesar 8%, maka cara menghitungnya adalah 8% x Rp. 100.000.000 = Rp. 8.000.000.

Metode Perhitungan Luas Lahan

Cara menghitung biaya jasa arsitek lanskap dengan perhitungan luas lahan adalah jasa arsitek per m² x luas lahan.

Seperti misalnya biaya jasa arsitek lanskap sebesar Rp. 150.000 per m² dan luas lahan adalah 50 M², maka perhitungannya adalah Rp. 150.000 x 50 M² = Rp. 7.500.000

 

Nah, itulah artikel kami tentang sekilas mengenal arsitektur lanskap. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Leave a Comment