Menilik Arsitektur Modern Rumah Knock Down Kayu

Halaman ini akan mengajak Anda menilik arsitektur modern rumah Knock Down Kayu.

Desain Arsitektur – Konsep menyatu dengan alam memang seringkali indah. Dari dulu hingga sekarang, ada banyak sekali orang yang ingin memiliki rumah dengan lingkungan yang alami. Selain lingkungan rumah yang alami, desain rumah dengan nuansa natural pun juga disenangi oleh banyak orang.

Salah satu rumah dengan nuasa natural adalah rumah kayu. Ya, bahan kayu yang berasal dari alam sangat berhasil dalam memberikan kesan alami yang menyegarkan. Dengan begitu, penghuni rumah akan merasa nyaman berada di dalam rumah.

Nah, bisa jadi rumah kayu sudah terasa biasa saja dan Anda ingin konsep rumah kayu yang lebih modern. Bila begitu, Anda perlu mengenal jenis rumah Knock Down. Konsep rumah ini dapat dikatakan merupakan konsep rumah idaman. Lantas, ap aitu rumah Knock Down?

Apa Itu Arsitektur Rumah Modern Knock Down Kayu?

Rumah kayu Knock Down merupakan rumah yang dibangun dengan bahan kayu dan bahan lainnya. Istilah Knock Down pada konsep rumah ini merujuk pada fitur rumah yang dapat dibongkar pasang. Tentu saja istilah bongkar pasang ini sangat berbeda dengan merubuhkan seperti bangunan pada umumnya.

Dengan konsep semacam ini, penjual rumah tidak membangun rumah seperti konsep konvensional yang umum diterapkan pada mayoritas rumah tinggal. Cara pemasangan rumah Knock Down juga terbilang simple karena pihak penjual rumah kayu sudah menyiapkan bahannya sesuai pesanan.

Dan saat berada di lokasi pembangunan, para tukang hanya perlu merangkai masing-masing kayu dan menambahkan beberapa unsur lain sehingga rumah layak dihuni. Dengan begini, bagi Anda yang membeli rumah Knock Down ini bisa memindahkan rumah saat Anda ingin pindah lokasi rumah.

Namun, sebelum memutuskan untuk pindah lokasi dan membongkar rumah kayu Anda, tentu saja Anda perlu memastikan kondisi kayunya masih layak untuk digunakan lagi.

Desain Rumah Knock Down Kayu

Terdapat beragam pilihan model rumah kayu yang ditawarkan oleh penyedia desain property. Masing-masing model tentu bisa Anda tentukan masing-masing modelnya. Namun, sebagai informasi bahwa model rumah kayu yang paling laris dan banyak diproduksi adalah rumah kayu Knock Down desain rumah panggung.

Selain banyak peminatnya, rumah kayu juga dinilai tahan gempa sehingga Anda bisa meminimalisir kerugian akibat bencana gempa.

Model rumah panggung seperti gazebo pada rumah makan lesehan juga biasa dipesan karena hasilnya yang indah dan sangat nyaman. Nah, bila Anda penasaran dan berminat dengan desain rumah kayu ini, berikut beberapa model yang bisa Anda jadikan referensi.

Rumah Kayu Modern

Bila Anda memilih model rumah kayu dengan gaya modern, Anda bisa memperoleh beberapa fasilitas seperti dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Selain itu, terdapat bagian depan yang tampak terbuka sehingga tetap tampak modern meski berbahan nyaris semuanya kayu. Dengan desain rumah semacam ini, Anda bisa membuka bisnis homestay sederhana Anda.

Rumah Kayu Klasik

Perlu Anda ketahui bahwa rumah kayu Klasik di sini merupakan hasil peningkatan dan adaptasi dari beragam rumah adat yang ada di Indonesia. Desain rumah kayu klasik merupakan hasil dari kombinasi beragam kebudayaan daerah.

Penerapan desain rumah kombinasi tersebut membuat rumah kayu Klasik tampak istimewa. Terdapat beberapa contoh seperti rumah panggung Jepara yang menggunakan ornament ukiran kayu Khas Jepara. Lalu dilanjutkan dengan rumah panggung Bali dengan ornament Khas Bali yang menarik dan rumah panggung Minang yang sarat dengan beragam seni ornament khas Minangkabau.

Anda barangkali bisa menemukan rumah kayu klasik lainnya yang mencerminkan suku atau kebudayaan lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Rumah Kayu Sederhana

Seperti namanya, rumah kayu yang akan Anda peroleh memiliki konsep simple dengan ukuran yang kecil. Rumah kayu sederhana ini juga biasa diterapkan sebagai gazebo, kelas outdoor dan spot istirahat di taman atau ruamh makan.

Konstruksinya hanya terdiri dari tinag, dinding rendah dan lantai kayu. Untuk bagian atapnya dibentuk dari ijuk atau rumbia. Tentu desain rumah semacam ini sering Anda temui pada rumah makan dengan konsep alami.

Meski begitu, bahan kayunya juga tidak kayu sembarangan. Karena untuk membangun rumah sederhana semacam ini membutuhkan kayu keras seperti Jati dan Mahoni. Selain itu, bambu juga tidak jarang digunakan untuk Menyusun rumah kayu sederhana knock down satu ini.

Dan salah satu kelebihan desain rumah kayu sederhana knock down ini memiliki harga yang relative lebih murah. Maka tidak heran bila rumah knock down yang satu ini memiliki banyak sekali peminat. Karena selain murah, desainnya juga apik dan kuat.

Nah, itulah pengertian tentang arsitektur modern rumah knock down kayu. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Leave a Comment