Mengenal Ergonomi Dalam Arsitektur Interior

Halaman ini akan membantu Anda mengenal Ergonomi dalam arsitektur interior.

Desain Arsitektur – Desain interior merupakan elemen yang sangat penting pada sebuah rumah. Hal tersebut dilandaskan fakta bahwa penerapan desain interior akan memengaruhi kondisi penghuni rumah. Lagi pula, ada banyak hal yang tersangkut pada penerapan desain interior rumah.

Bila Anda sangat ingin mendapatkan referensi pengaplikasian desain interior untuk rumah Anda, terdapat banyak sekali referensi yang bisa Anda cari dan peroleh. Anda bisa mendapatkannya pada media cetak seperti buku soal interior atau dari beragam situs web yang membahas arsitektur rumah.

Pentingnya mencari dan memperoleh inspirasi karena nilai estetika dan keindahan pada interior rumah merupakan faktor sangat penting, baik itu dalam hal suasana rumah dan bahkan aspek keselamatan. Maka dari itu, bagi banyak orang awam, menggunakan jasa desain rumah sangatlah penting.

Dalam sebuah penerapan desain interior rumah terdapat istilah Ergonomi. Apa Itu Ergonomi dan mengapa penting untuk menerapakan aspek ini?

Mengenal Ergonomi dalam Desain Interior Rumah

Barangkali, Anda tidak biasa mendengar istilah ini bahkan baru pertama kali mengetahuinya. Lantas, apa itu Ergonomi pada desain interior rumah? Bila kita melihat pendapat dari Prof.Dr.Drs. I Nyoman Atayasa., M.Kes., beliau mengatakan bahwa Ergonomi merupakan ilmu interdisipliner yang mempelajari interaksi antara manusia dan obyek yang digunakan dalam sebuah kondisi lingkungan.

Selain itu, ilmu ini juga membahas tentang penyesuaian antara deesain peralatan dan pekerjaan dengan kemampuan serta keterbatasan manusia. Seperti misalnya, pada sebuah ruangan tentu ketinggian rak gantung harus disesuaikan dengan tinggi rata-rata karyawan.

Jangan sampai peletakannya terlalu tinggi sehingga sangat merepotkan dan memperlambat kinerja pekerja kantor. Atau di dalam rumah, desain dapur tentu kurang memenuhi aspek estetika ketika bila diterapkan di dekat ruang tamu.

Nah, segala penyesuaian tersebut dilakukan agar lingkungan rumah atau tempat lainnya menjadi sehat, aman, nyaman dan efisien sehingga mendukung kinerja dan akses semua orang yang menggunakannya secara maksimal.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penerapan Ergonomi

Sangat penting untuk berfokus pada nilai estetika pada sebuah desain interior. Hal ini akan mendorong karakter dan kesan yang ingin ditampilkan oleh pemilik rumah. Selain itu, mempertimbangkan segala dampak seperti kenyamanan dan keamanan akan memperngaruhi produktivitas penghuni rumah.

Selain itu, keindahan ruangan juga pastinya perlu diperhatikan. Dan Anda sebagai pemilik rumah tentu ingin menampilkan ruangan yang berkarakter dan indah. Keindahan ruangan, seperti ruang tamu akan mempengaruhi image seseorang pada Anda sebagai pemilik rumah.

Terdapat beberapa tahap yang perlu dilalui untuk menerapkan ilmu Ergonomis ini, seperti input, proses serta pilihan terhadap outputnya.

Beberapa unsur seperti titik, garis, bidang, bentuk, tekstur, pola, warna, cahaya dan lainnya perlu disusun agar dapat membentuk kesan estetika yang menarik. Bila semuanya itu diperhatikan, maka ruangan Anda akan terkesan seimbang, harmonis dan sangat enak untuk dipandang.

Dan tentunya, dibalik keindahan dan beragam penyesuaian untuk memberikan kesan yang menarik, menyesuaiakn tata letak perabotan dan furniture tentu harus mempertimbangkan kemampuan dan keamanan penggunanya.

Karena bagaimana pun juga, masing-masing penghuni rumah memiliki kelebihan dan keterbatasannya sendiri. hal itu bergantung postur tubuh, usia, tingkat intelektual dan sebagainya. Seperti pencegahan seorang bayi celaka, atau anak di bawah umum mengalami luka dan lainnya merupakan hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan tata letak ruangan serta isinya.

Nah, itulah artikel kami tentang mengenal Ergonomi dalam arsitektur interior. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Leave a Comment