Mengenal Arsitektur Rumah Klasik di Indonesia

Halaman ini akan mengajak Anda mengenal arsitektur rumah Klasik di Indonesia. .

Desain Arsitektur – Penerapan model rumah minimalis yang bergaya modern sudah menjadi trend saat ini. Hal ini terbukti dengan adanya banyak perumahan yang mengadopsi gaya modern pada rumah yang minimalis.

Menjamurnya model rumah semacam itu didorong oleh penampilan rumah yang sederhana dengan meminimalisir adanya ornament dan detail pada bangunan.

Meskipun begitu, tidak semua orang senang dengan gaya rumah modern dan minimalis. Malah, ada banyak juga yang masih berminat dengan rumah gaya Klasik.

Hal tersebut didasari oleh anggapan bahwa sebuah rumah seharusnya tidak sekedar nyaman untuk ditempati, namun juga harus bisa mencerminkan siapa pemilik rumah tersebut.

Berbeda dengan model rumah minimalis dan modern, rumah dengan gaya Klasik memiliki bangunan yang megah dan terdapat beragam detail yang rumit di setiap sudutnya.

Beberapa bagian rumah bergaya Klasik yang tampil rumit adalah seperti pintu, jendela, fasad rumah dan bahkan bagian atapnya.

Arsitektur rumah Klasik di Indonesia

Sejarah Gaya Rumah Klasik

Lantas, bagaimana sejarah model rumah Klasik? Pada dasarnya, desain rumah Klasik terinspirasi dari gaya arsitektur Romawi Kuno dan Yunani.

Meskipun begitu, gaya rumah Klasik tidak hanya berpatokan dengan gaya rumah Yunani dan Romawi Kuno saja.

Gaya rumah Klasik sudah banyak disesuaikan dengan negara masing-masing tempat rumah tersebut berdiri.

Penyesuaian tersebut agar rumah Klasik itu bisa mencirikan negara atau lokasi tempatnya berdiri. Hal tersebut juga ditemukan di Indonesia.

Di kota-kota besar, secara sadar atau tidak sadar, Anda tentu pernah melihat desain rumah Klasik. Namun, desain rumah bergaya Klasik yang diterapkan di Indonesia berbeda dengan di Eropa.

Ya, masyarakat Indonesia lebih senang menerapkan unsur modern pada arsitektur Klasik mereka sehingga model rumahnya tidak kaku dan megah seperti di Eropa.

Ciri Khas Model Arsitektur Rumah Klasik di Indonesia

Dengan begitu, gaya arsitektur Klasik yang diterapkan di Indonesia adalah Klasik Modern. Maka dari itu, pada desain rumah ini diterapkan detail yang lebih minimalis.

Penyesuaian semacam itu membuat rumah Klasik yang ada di Indonesia lebih sesuai selera masyarakat karena memiliki desianyang tidak kaku.

Dan seperti tampilannya, desain rumah Klasik selalu dimiliki oleh orang yang termasuk dalam golongan menengah ke atas, yang mana ingin menonjolkan prestis pada rumah tinggal mereka.

Terlepas dari itu semua, tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki penerapan gaya arsitektur Klasik yang sangat menggambarkan daerah di Indonesia.

Berikut adalah contohnya :

Rumah Klasik Joglo

Bila Anda mendengar nama Joglo, bisa jadi terlintas dalam benak Anda sebuah rumah yang penuh dengan ornament serta ukiran kayu.

Ornamen dan ukiran kayu tersebut biasanya disesuaikan dengan filosofi serta kepercayaan yang berkembang dan menjadi ciri khas budaya masyarakat Jawa.

Dan bagiannya yang paling menonjol yaitu atap yang berbentuk tajug dengan bentuk yang unik.

Arsitektur rumah Klasik Joglo dan Jawa

Rumah Klasik Jawa

Tidak heran bahwa terdapat kesamaan antara rumah Klasik Jawa dengan Klasik Joglo karena daerah tempat arsitektur itu berkembang adalah sama.

Namun, terdapat ciri khas yang biasanya diterapkan pada rumah Klasik Jawa, yaitu biasanya rumah ini dibangun dengan kayu ukir yang berperan sebagai ornament dinding rumah.

Tujuan dari penerapan ukiran pada kayu tersebut tidak lain untuk memberi nuansa rumah yang kental akan suasana  etnik budaya Jawa.

Rumah Klasik Bali

Tampaknya, rumah Klasik Bali merupakan yang populer. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penerapan arsitektur yang sama di luar negeri.

Maka tidak heran bila Anda berkunjung ke luar negeri dan mendapati adanya rumah yang menerapkan gaya arsitektur Bali di sana.

Arsitektur rumah Klasik Bali

Dan seperti halnya rumah Klasik Joglo dan Jawa, rumah Klasik Bali juga memiliki ciri berupa ornament ukiran pada setiap detail bangunan.

Biasanya, ukiran yang didapati pada rumah Klasik Bali adalah yang menggambarkan tanaman, seperti dedaunan serta bunga.

Ukiran semacam itu menjadi ciri khas ukiran Bali dan menjadi bahan detail pada rumah yang menerapkan arsitektur Klasik Bali.

Nah, itulah artikel tentang mengenal arsitektur rumah klasik di Indonesia. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Leave a Comment