Mengenal Arsitektur Modern Rumah, Tampil dengan Gaya Kekinian

Halaman ini akan membahas tentang mengenal arsitektur modern rumah.

Desain Arsitektur – Bila Anda mendengan istilah rumah modern, apa yang terlintas dalam benak Anda? Terlepas dari apa tanggapan Anda, ada banyak pendapat yang kurang tepat soal gaya rumah modern ini.

Desain rumah modern pada dasarnya memanfaatkan konsep bangunan yang tampil sederhana.

Namun, tidak semua bangunan yang tampak sederhana merupakan bentuk dari arsitektur modern rumah.

Seperti misalnya bila sebuah rumah yang dibangun dengan bahan kayu dan memiliki bentuk yang tradisional dan sederhana, apakah itu merupakan bentuk arsitektur rumah modern?

Jawabannya adalah bukan. Gaya arsitektur modern tidak hanya sebatas tampil sederhana saja, namun juga dapat menciptakan kesan modern.

Maka dari itu, berikut ini kami senang menjelaskan secara singkat tentang apa itu arsitektur modern yang sebenarnya.

arsitektur rumah modern

Pengertian Arsitektur Modern

Sebenarnya, arsitektur modern merupakan konsep bangunan yang berfokus pada bentuk dan fungsi bangunan daripada menerapkan beragam ornament hias.

Atau secara mudahnya, arsitektur modern merupakan penyederhanaan dari bangunan penuh hiasan seperti gaya Gothic dan Victorian.

Karena seperti yang bisa Anda lihat, kedua gaya di masa lalu tersebut memiliki bentuk bangunan yang penuh dengan seni serta hiasan untuk menunjukkan keagungan pemiliknya.

Berbalik dari gaya tersebut, arsitektur modern rumah menggunakan material yang dipilih dengan berfokus pada fungsi serta kesederhanaan rumah tinggal.

Hadirnya era arsitektur modern rumah bersamaan dengan berkembangnya dunia mesin industrial yang menggantikan banyak pekerjaan manusia.

Fungsi dan kenyamana pada rumah lebih difokuskan tanpa menyingkirkan aspek keindahan pada rumah tinggal tersebut.

Jika Anda lihat, desain rumah yang dibangun dengan gaya arsitektur modern tidak menonjolkan kesan glamour dan keindahan ruangan.

 

Beragam Macam Desain Arsitektur Modern

Perlu Anda ketahui bahwa desain arsitektur modern pada sebuah rumah terbagi ke beberapa cabang, seperti :

  • Kontemporer
  • Ekspresionismen
  • Contructivist
  • Mid-Century Modern

 

Sedikit Hal Tentang Perkembangan Gaya Arsitektur Modern Rumah

Diketahui bahwa desain arsitektur rumah telah diterapkan sejak lebih dari 60 tahun yang lalu.

Meski terdapat banyak perbedaan dalam hal praktek oleh banyak arsitek, namun satu hal yang sama dari semuanya adalah mereka menitikberatkan pada fungsi.

Ya, menitikberatkan sebuah bangunan pada fungsi, bukan pada gaya atau keindahan, merupakan ciri paling menonjol pada desain arsitektur rumah modern.

Hal ini selaras dengan moto yang dibuat oleh sang arsitektur legendaris bernama Louis Sullivan yang berbunyi “Bentuk harus disesuaikan dengan fungsinya”.

Motonya ini telah menjadi kiblat banyak arsitek dalam membangun sebuah bangunan rumah modern.

Selain itu, dalam perkembangan arsitektur modern, munculah nama-nama perintis seperti Ludwig Mies van der Rohe, Frank Lloyd Wright, Le Corbusier, dan Staatliches Bauhaus.

Mereka masing-masing telah menghasilkan ide seputar gaya arsitektur modern yang cemerlang dan banyak diterapkan hingga kini.

 

Ciri Khas Desain Arsitektur Rumah Modern

Sepanjang sejarah perkembangan gaya arsitektur rumah modern ini, terdapat banyak gaya dan tipe yang bermunculan.

Maka dari itu, berikut ini terdapat ciri khas yang bisa Anda lihat pada sebuah bangunan rumah modern.

Desain Modern Berfokus pada Fungsi dan Bentuk

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, salah satu ciri khas desain rumah modern adalah berfokus pada bentuk dan fungsi.

Hal ini terlihat dari bentuk interior rumah yang tidak melulu harus dibatasi oleh dinding pembatas, melainkan membiarkan dua ruangan menyatu.

Desain arsitektur rumah modern
Desain ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan

Seperti contohnya ruang dapur menyatu dengan ruang makan dan keluarga yang mana ketiga ruangan ini memiliki kegiatan yang saling berhubungan.

Lalu, ruang keluarga yang seringkali memiliki fungsi ganda sebagai ruang tamu karena perabotan dan furniture kedua ruangan ini nyaris tidak memiliki perbedaan.

Menggunakan Jendela Kaca Besar sebagai Bahan Tambahan Dinding

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan dinding eksterior yang memiliki komposisi kaca yang besar, maka rumah Anda termasuk ke dalam arsitektur modern.

Ya, arsitektur modern menggunakan jendela kaca yang besar di dinding luar agar memberi kesempatan masuknya cahaya matahari dalam intensitas yang tinggi.

Menyederhanakan Bentuk Ruangan dan Rumah

Bila Anda perhatikan, rumah zaman dahulu seperti zaman colonial kadang kala dibangun dengan bentuk segi lima atau segi enam.

Namun, pada arsitektur modern, rumah dibangun dengan bentuk persegi dan persegi panjang sehingga menghasilkan garis-garis rumah dalam jumlah minimal.

Contoh desain arsitektur zaman dahulu
Salah satu contoh bangunan masa kolonial yang memiliki bentuk selain persegi dan persegi panjang

 

Sekian artikel kami tentang Mengenal Arsitektur Modern Rumah, semoga bermanfaat.

Leave a Comment