Kelebihan dan Kekurangan Gaya Arsitektur Rumah Panggung

Halaman ini akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan gaya arsitektur rumah panggung.

Desain Arsitektur – Terdapat beragam bentuk arsitektur di dunia ini, bahkan negara Indonesia sendiri pun memiliki beragam jenisnya, baik itu yang merupakan peninggalan leluhur atau perkembangan dunia arsitektur modern. Salah satu jenis arsitektur yang termasuk memiliki jumlah varian yang banyak adalah arsitektur rumah panggung.

Ya, Anda tentu tidak asing dengan konsep rumah panggung yang ada di Indonesia. Aristektur rumah tinggal ini merupakan hasil dari kreatifitas para leluhur. Ada banyak daerah di Indonesia yang memiliki keragaman dalam penerapan rumah panggung ini.

Nah, pada artikel ini kami senang membahas tentang kelebihan serta kekurangan rumah panggung. Hal ini penting karena arsitektur rumah tinggal yang menarik bisa jadi mengundang minat Anda untuk menerapkannya juga didaerah perkotaan.

Kelebihan dan Kekurangan Gaya Arsitektur Rumah Panggung

3 Kelebihan Gaya Arsitektur Rumah Panggung

Punya Ruang Kosong Lebih Luas

Rumah panggung merupakan desain rumah yang dibangun di atas beberapa tiang. Kehadiran tiang tersebut berguna untuk menopang bangunan utama rumah tinggal tersebut. Dengan konsep desain semacam itu membuat rumah panggung memiliki ruang kosong yang sangat luas di bagian kolong rumah.

Zaman dahulu, kolong tersebut digunakan untuk menjadi tempat ternak. Selain itu, adanya tiang tinggi juga menjadi langkah pencegahan terkena dampak banjir berupa air masuk. Tidak hanya itu saja, menghindari binatang buas di sekitar rumah juga menjadi alasan yag kuat.

Malah, di zaman modern ini, penerapan arsitektur rumah panggung bisa menjadi lahan untuk memarkir mobil atau motor layaknya carport atap balkon.

Memiliki Tinggi Rumah yang Fleksibel

Anda tentu menyadari bahwa hidup di tengah perkotaan, terlebih bila kota besar tentu akan disuguhkan pemandangan hutan beton. Ya, rumah dan Gedung bertingkat bisa jadi membatasi pandangan Anda di luar rumah.

Namun, bila Anda menerapkan gaya arsitektur rumah panggung, maka pandangan Anda bisa luas dan kemungkinan besar Anda bisa menemukan pemandangan yang berbeda dengan apa yang dilihat tetangga Anda.

Hal tersebut bisa terjadi karena ketinggian rumah panggung biasanya akan lebih tinggi daripada rumah modern saat ini.

Desain Rumah Berkelanjutan

Menerapkan desain arsitektur rumah panggung memberi Anda kesempatan untuk membongkar-pasang rumah sesuai kebutuhan. Istilah bongkar pasang bangunan ini adalah knock down sehingga bangunan rumah bisa lebih fleksibel penerapannya.

Selain itu, dengan memiliki rumah bertingkat, maka Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan celah udara masuk dan keluar yang lebih besar. Hal tersebut karena posisinya yang lebih tinggi dari rumah di sekitarnya membuat Anda bisa menghadirkan lebih banyak ventilasi tanpan terhalang bangunan rumah di sebelah Anda.

Lebih dari itu, dari sisi Kesehatan pun bisa juga Anda peroleh, yaitu Anda bisa memperoleh sinar matahari lebih banyak . Ya sinar matahari yang bisa Anda manfaatkan untuk berjemur dan mencegah rumah lembab bisa Anda dapatkan secara melimpah.

Kekurangan Rumah Panggung

Membutuhkan Struktur Rumah Panggung

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa rumah panggung ditopang oleh beberapa tiang agar bisa berdiri. Hal itu tentu memberi Anda perhatian lebih pada kekuatan struktur penopangnya. Karena bagaimana pun juga, bila salah satu tiangnya rubuh, maka rumah tersebut bisa rubuh dan membahayakan penghuni rumah.

Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kekuatan penopang rumah panggung. Beban tiang rumah bisa jadi akan lebih bertambah seiring dengan bertambahnya barang dan penghuni di dalam rumah. Apalagi bila Anda mendirikan rumah di atas lahan yang mudah banjir, sudah pasti memperhatikan kekuatan penopang rumah merupakan hal yang sangat wajib Anda lakukan.

Pembangunan Lebih Sulit

Pembangunan desain arsitektur rumah panggung modern menjadi lebih sulit karena harus memperhitungkan beban serta stabilitas dari bangunan utama rumah tersebut. Maka dari itu, di zaman modern ini kita jarang dan hampir mustahil melihat pembangunan rumah panggung bergaya modern.

Namun, meski pembangunan rumah panggung sangat sulit, beda halnya dengan konsep rumah apung. Ya, seperti yang Anda ketahui, rumah apung bukanlah rumah yang benar-benar mengapung di permukaan air, melainkan disangga oleh banyak tiang di bawahnya.

Justru penerapan desain arsitektur rumah apung lebih mudah daripada rumah panggung.

Terdapat Masalah Privasi

Satu hal yang pasti adalah bahwa bila Anda membangun rumah dengan desain arsitektur rumah panggung di tengah kota, Anda tidak mungkin menaruh hewan ternak Anda di bagian kolongnya. Hal ini karena hewan ternak dapat mengganggu tetangga Anda.

Nah, dengan begitu, ruang kolong rumah akan kosong dan mudah untuk dilanggar oleh orang lain. Seseorang bisa mengintip dari bawah kolong rumah. Terlebih bila lantai rumah terbuat dari kayu, celah-celah lantai akan dimanfaatkan oleh orang yang jahat untuk mengusik privasi Anda.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari gaya arsitektur rumah panggung yang bisa kami sajikan. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Leave a Comment