Arsitektur Rumah Modern dengan Kontainer di Luar Negeri

Halaman ini akan menampilkan penjelasan tentang arsitektur rumah modern dengan kontainer di luar negeri.

Desain Arsitektur – Semakin bertambahnya tahun semakin banyak inovasi yang sudah dibuat oleh manusia. Anda tentu bisa merasakan banyak perkembangan di segala bidang, termasuk property atau tempat tinggal. Ada banyak sekali perubahan dari bidang ini.

Ada banyak perkembangan dari segi bahan, gaya, ornament, aksen dan lainnya. Bahkan bahan untuk membangun rumah pun juga beragam. Bila dahulu bahan pembentuk rumah adalah kayu, batako, batu bata dan unsur alami lainnya, sekarang container besi pada truk besar pun.

Barangkali Anda pernah mendengar dan melihat rumah yang dibangun dari bahan container truk. Ya, container yang biasa kita lihat berada di atas truk besar untuk mengangkut banyak barang, saat ini dapat beralih fungsi sebagai tempat tinggal yang sangat nyaman.

Bisa jadi Anda mulai suka dan berminat untuk memiliki rumah dari box container besi tersebut. Rumah dengan box container ini perlahan sudah menjadi tren rumah modern tahun 2022 di luar negeri. Hal itu bisa jadi membuat Anda tertarik untuk menirunya. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membangun rumah dengan box container, ada beberapa hal yang perlu perhatikan dahulu, yaitu kelebihan dan kekurangannya.

Kekurangan Arsitektur Rumah Modern dengan Kontainer

Di balik indah dan cantiknya interior rumah modern ini, terdapat beberapa kekurangan seperti :

Dapat Menyerap Panas

Seperti yang Anda ketahui bahwa bahan logam seperti besi sangat mudah untuk menyerap dan menyimpan suhu panas. Terlebih bila berada tepat di bawah sinar matahari saat kemarau. Maka dari itu, rumah container sangat kecil kemungkinan cocok di daerah Tropis seperti di Indonesia.

Tidak heran bila rumah dari container ini cocok diterapkan di daerah luar negeri yang suhunya lebih rendah. Namun, bila Anda berminat untuk tetap menerapkannya, perhatikan ventilasi udara untuk meminimalisir suhu udara yang panas.

Lokasi Pengiriman Terbatas

Hanya dari melihatnya saja kita semua sudah tahu bahwa container memiliki bobot yang snagat berat. Beratnya yang dapat mencapai puluhan ribu kilogram ini membuatnya sulit untuk dibawa ke daerah yang sulit dilalui.

Hal tersebut dipicu dengan kedaraan pengangkut yang harus besar dan kuat. Dan saat ini, kendaraan semacam itu masih terbatas dalam hal akses.

Ukuran Kontainer yang Sudah Fix

Pabrik produksi box container memiliki ukuran standar yang selalu diterapkan pada setiap container yang mereka hasilkan. Maka dari itu, Anda tidak dapat melakukan permintaan untuk dibuatkan container dengan ukuran tertentu.

Maka, bila Anda tetap bersikukuh untuk menggunakan container besi sebagai rumah, maka Anda perlu pintar dalam mengatur perabotan dan ruangan sehingga cukup dan dapat Anda gunakan secara nyaman.

Tidak Bisa Leluasa Renovasi

Renovasi merupakan hal yang umum pada bidang bangunan. Biasanya renovasi dilakukan karena menambahkan ruangan atau ada hal yang kurang cocok dengan selera pemilik rumah. Apapun alasannya, biasanya pemilik rumah masih leluasa melakukan renovasi.

Namun, beda halnya bila rumah Anda merupakan container besi. Meskipun container besi memiliki bahan yang keras dan kokoh, tetap saja Anda tidak bisa secara leluasa renovasi. Hal tersebut karena semakin banyak lubang yang Anda buat, tentu saja akan mengurangi kekuatan container sehingga ancaman rubuh bisa sangat besar.

Kelebihan Arsitektur Rumah dengan Kontainer

Meski terdapat beragam kekuarangan, namun tetap saja gaya arsitektur ini memiliki beberapa kelebihan, seperti :

Proses Bangun Rumah Lebih Cepat

Dengan memilih container besi sebagai bahan rumah Anda membuat Anda tidak perlu membeli semen, bata dan elemen lainnya. Dengan begitu, Anda juga tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga guna membangun rumah yang layak huni.

Cara ini bisa menjadi alternative bagi Anda yang ingin menghemat waktu dan biaya dalam membangun rumah.

Punya Nilai Estetika yang Lebih

Karena konsep rumah container ini masih terbilang baru, kesan unik akan langsung tersemat pada rumah tinggal Anda tersebut. Selain itu, bahan container memiliki tekstur bergelombang yang unik dan menarik untuk dipandang.

Lebih dari itu, kesan megah dan kokoh juga akan tampak sangat jelas.

Mendukung Go Green

Anda tentu tidak asing dengan istilah Go Green. Ya, istilah ini sempat booming beberapa tahun lalu dan dalam prakteknya ada banyak orang yang mendukung Go Green ini dengan beragam cara, salah satunya adalah melakukan program daur ulang sampah yang tidak dapat diurai.

Nah, dengan Anda memilih bahan container sebagai bahan rumah tinggal, hal itu berarti Anda mendukung Go Green. Karena pada dasarnya membuat rumah dengan container tidak meninggalkan sampah proyek seperti semen, kaleng cat, potongan kayu, potongan batu dan sebagainnya.

Nah, itulah artikel kami tentang arsitektur rumah modern dengan kontainer di luar negeri.

Leave a Comment